Minggu, 04 Agustus 2019

Ayo, selamatkan Bengkulu yang terdampak banjir


ivonsundari.com - Alam telah diciptakan Allah dengan penuh keseimbangan. Namun, tangan manusialah yang telah merusak keseimbangan tersebut. Ulah sebagian tangan manusia yang tidak bertanggungjawab pun telah mendzolimi manusia lainnya. Wilayah resapan air telah hilang. Jika musim hujan datang, maka air pun mengalir tanpa teresap ke dalam tanah. Hutan yang menjadi salah satu wilayah resapan air pun telah berubah fungsi menjadi areal perkebunan, bahkan ada yang terbengkalai alias hutan gundul.

Kota Bengkulu yang jarang kebanjiran kecuali beberapa daerah tertentu saja, sekarang banjirnya pun telah merambah daerah yang sebelumnya gak pernah banjir. Misalnya saja sebagian daerah tebeng yang berwilayah rendah. Padahal hujan sudah lama reda, tetapi tiba-tiba ada banjir 'kiriman'. Mereka yang paginya sudah tenang-tenang saja berangkat kerja, siangnya melihat rumah sudah terendam air sekitar semeter lebih. Perangkat elektronik, perabotan, lemari, spring bed, buku, dan semua barang yang ada dirumah tidak bisa diselamatkan karena benar-benar terendam.

Beberapa solusi yang bisa ditawarkan yang skalanya besar harus dimulai pemerintah yaitu dengan membuat peraturan tata ruang dengan mengembalikan wilayah resapan agar sesuai fungsinya. Wilayah peruntukkan untuk serapan air biasanya berbentuk rawa ataupun daerah aliran sungai (DAS) seharusnya tidak didirikan bangunan, apalagi perumahan. Pemerintah harus lebih ketat dalam memberikan IMB (izin mendirikan bangunan). Pemerintah pun bisa membuat tanggul di pinggiran sungai besar di Kota Bengkulu agar mampu menampung air lebih banyak ketika hujan datang.

Masyarakat pun harus ikut berperan aktif dengan cara meningkatkan kesadaran agar memiliki perilaku untuk tidak membuang sampah di sungai karena akan terjadi pendangkalan sungai. Perilaku memang agak sulit diubah karena sudah menjadi kebiasaan. Namun, bukannya tidak mungkin untuk diubah. Berbagai penyuluhan, larangan dan sanksi, dan masih banyak cara lainnya agar masyarakat sadar bahwa membuang sampah sembarangan bisa merugikan diri mereka sendiri.

Memperbanyak menanam pohon bisa juga jadi solusi. Jika ingin menebang satu pohon, maka tanamlah dulu pohon yang lain sebagai gantinya. So, cintailah alam sekitarmu dan rawatlah mereka. Ayo, selamatkan Bengkulu yang terdampak banjir.

0 komentar