Kamis, 01 Agustus 2019

Bulan Dzulhijah dan Idul Adha Teristimewa




Idul Fitri itu lebih rame dan meriah. Persiapan tuk merayakannya pun terkadang bisa dibilang 'wah', dari kalangan ekonomi atas sampai ekonomi bawah pun tak mau ketinggalan. Idul Fitri so spesial banget. Padahal, idul adha pun gak kalah spesial karena banyaknya keutamaan.

1 sampai 10 Dzulhijah merupakan waktu terbaik untuk berdoa dan beramal sholeh. Tidaklah kalian temukan hari yang amal ibadahnya dicintai oleh Allah melainkan amal ibadah yang dikerjakan pada tanggal 1-10 Dzulhijah. Tak ada waktu yang dilipatgandakan balasan kebaikan sekecil apapun kecuali di tanggal tersebut. Namun, tak banyak yang tau. 

Ternyata ada amalan umum di bulan Dzulhijah ini yang diperuntukkan untuk semua muslim selain amalan khususnya (ibadah Haji). Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari di mana amal saleh pada hari itu lebih dicintai Allah 'Azza wa Jalla daripada hari-hari ini--yakni 10 hari pertama Dzulhijjah." 

Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?"

Beliau menjawab, "Tidak juga jihad fi sabilillah kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa, raga, dan hartanya, kemudian tidak bersisa lagi" (HR Bukhari).

Allah bersumpah dengan keutamaan hari-hari tersebut dalam Alquran, "Demi waktu fajar. Dan malam yang sepuluh" (QS. al-Fajr: 1-2)

Amal-Amal Saleh yang Dianjurkan untuk kaum muslimin (apalagi bagi yang belum bisa menunaikan ibadah haji) yaitu memperbanyak shalat sunah. "Hendaknya kamu memperbanyak sujud lillah, karena tidaklah kamu bersujud kepada Allah sekali saja, kecuali Allah akan mengangkat derajatmu karenanya dan menggugurkan dosamu karenanya." (HR Muslim). Berpuasa selama sembilan hari, terutama hari Arafah. "Bahwa Rasulullah SAW biasa berpuasa sembilan hari bulan Dzulhijjjah, hari 'Asyura serta tiga hari dalam setiap bulan." (HR Ahmad dan Nasa'I dari Hafshah RA). Imam Nawawi menjelaskan bahwa puasa pada hari-hari tersebut sangat dianjurkan. Khususnya pada tanggal sembilan (yakni Hari Arafah) bagi yang tidak berada di Arafah. "Berpuasa pada hari 'Arafah dapat menghapuskan dosa di tahun yang lalu dan setelahnya." (HR Muslim). Bertakbir, berzikir, berkurban, memperbanyak amal saleh, seperti sedekah, membaca Alquran, dan amal sholeh lainnya.

Jadi, kita gak harus khawatir jika belum bisa menunaikan ibadah haji karena masih ada amalan yang bisa dikerjakan untuk meraih kecridhoan Allah swt. Berdoalah, mintalah apapun yang diinginkan kepada Allah selagi kita masih hidup di dunia ini. Kalau sudah di akhirat nanti tak ada lagi permintaan, yang ada hanyalah perhitungan dan pembalasan. Beramal, lakukanlah amal terbaik yang kita bisa selagi masih hidup. Do the best, karena hidup tak kenal siaran tunda.

Catatan untuk 2019. Tanggal 2 sampai 8 Agustus 2019 disunahkan puasa dan perbanyak amal shaleh karena pahalanya akan dilipatgandakan. Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijah pada tanggal 9 Agustus 2019. Puasa Arafah 9 Dzulhijah yaitu 10 Agustus 2019. Idul Adha 10 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Sedangkan tanggal 2, 13, dan 14 Agustus 2019 adalah hari TASYRIK yang diHARAMkan PUASA



0 komentar