Sabtu, 09 Februari 2019

Edisi Januari 2019


ivonsundari.com - Alhamdulillah.. Januari 2019. Awal untuk menggoreskan semangat baru di pergantain tahun masehi ini. Seiring berjalannya waktu, Allah swt memberikan kemudahan kepada Griya Qur'an Omar untuk dapat menjalankan fungsinya sebagai tempat belajar Al Qur'an. Alhamdulillah kami diberikan para donatur terbaik yang mau mengulurkan bantuannya ketika kami sangat membutuhkan.


Tidak terasa, Griya Qur'an Omar sudah berjalan selama 4,5 bulan sejak dibuka tanggal 19 September 2018. Walaupun baru seumur jagung, tapi itu sangat berarti bagi kami yang memulai dari nol.


Alhamdulillah, orang yang mendaftar untuk belajar pun mengalami peningkatan walaupun belum terlalu banyak. Kelas ibu-ibu memiliki jam belajar dua kali sepekan. Mereka bisa memilih hari. Ibu-ibu maupun remaja putri yang aktif ada sekitar 14 orang dari jumlah keseluruhan 23 orang. Yang tidak aktif dikarenakan mereka masih sibuk dengan pekerjaannya dan belum bisa membagi waktu.

Kelas anak-anak memiliki jam belajar tiga kali sepekan. Namun, ada juga yang mengambil dua kali sepekan. Jumlah anak-anak yang belajar ada sekitar 21 orang. Ada yang rumahnya jauh sehingga kalau orang tuanya lagi sibuk tidak bisa mengantar, maka anaknya pun tidak mengaji.

Untuk kelas ibu-ibu, kami masih berfokus pada tahsin (memperbaiki) pelafazhan bacaan Al Qur'an mereka. Belum ada ibu-ibu yang memasuki kelas tahfizh (menghafal) karena kami tidak ingin mereka menghafal dalam kondisi bacaan yang belum "pas" tajwidnya yang nantinya akan menyebabkan hafalan akan berada pada kondisi yang tidak baik.

Namun untuk kelas anak-anak, kami tetap menekankan tahsin dan tahfizh. Tahfizh memakai metode talaqqi, guru membacakan beberapa kali dan murid mengikuti, baru kemudian dihafalkan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kesalahan dalam hafalan mereka.

Ini beberapa foto pendukung kegiatan membuat lantai samping dan depan Griya Qur'an Omar.



























0 komentar