Sabtu, 01 Desember 2018

Tips Membaca Agar Nyaman dan Bertahan Lama

ivonsundari.com - Suamiku seorang kutu buku. Sehari dia bisa membaca seratus halaman bahkan bisa lebih. Buku yang dibaca pun lumayan tebal. Motivasinya membaca hanya ingin menjadi ahli sejarah. Mengapa? Karena sejarah itu kan terulang walaupun dengan tokoh yang berbeda. Koleksi bukunya pun sangat banyak. Suatu saat nanti, ia ingin mendirikan Rumah Baca.

Saya yang selalu memperhatikan kebiasaannya bercengkerama dengan buku sampai berjam-jam akan membagikan tips agar aktivitas membaca kamu bisa terasa nyaman. Jika kamu udah ngerasa nyaman dan bisa bertahan lama ketika membaca buku, insyaAllah jika dilakukan secara rutin maka akan terbentuk habbits (kebiasaan).

Tips Agar Membaca Menjadi Nyaman dan Lama

1. Tetapkan goals setting yang mantap dan jelas


Baca juga tulisan Mildani: Camilan Untuk Membaca

Kamu mesti punya goals setting alias target dan manfaat dari membaca. Membaca  itu sama pentingnya seperti kebutuhan makan bagi tubuh. Mengapa? Karena dengan membaca maka otak kamu bakalan penuh nutrisi.Kamu bakalan dapat inspirasi dan wawasan baru. Gimana kamu mau menyampaikan sesuatu kalo otak kamu lagi kosong?

2. Carilah buku yang sesuai sama 'kamu banget'..



Baca Juga Tulisan Julia: Tips Membaca Buku yang Nyaman

Kalo kamu suka tentang fashion, maka cari buku yang berkaitan dengan fashion. Di tahap awal, sebaiknya buku yang kamu pilih tidak terlalu tebal, fontnya enak dibaca, apalagi kalo banyak gambarnya alias 'eye catching', maka mata kamu bakalan seger terus deh..

3. Bacalah buku di tempat yang bikin kamu nyaman dan rileks..



Membaca buku di halaman rumah dengan  rerumputan yang hijau bisa menjadi pilihan. Faktor pencahayaan juga mesti diperhatikan. Cahayanya jangan sampe terlalu silau ataupun terlalu gelap karena akan berkaitan dengan mata kamu biar gak cepat lelah..

4. Relaksasi




Kalo lagi bosan sewaktu membaca, maka kendorkanlah ototmu dengan sedikit relaksasi ringan biar gak ngantuk atau dengan cara mengobrol sejenak.

5. Waktu

Pilihlah waktu yang tepat untuk membaca. Bangun tidur merupakan waktu yang tepat untuk membaca buku karena kondisi otak yang masih segar.


6. Jangan Menunda

Kalo kamu udah niat mau baca sebuah buku, maka lakukanlah dan hindari penundaan. Penundaan akan membuat kamu malas. Mensegerakan membaca buku yang udah kamu target akan membangun habbits atau kebiasaan yang baik untuk membaca.


Terima kasih Anda telah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat.
Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan menulis dari Blogger Bengkulu.



2 komentar

1 Desember 2018 22.44 Delete comments

Keren mbak ivon.. semangat yach salam kenal ibu temannya tuti hehe

Reply
avatar